Breaking News

Kapolda NTB Apresiasi Bidpropam atas Inovasi Peningkatan Layanan Masyarakat


Mataram - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat, berkomitmen menjadi pionir implementasi program Transformasi menuju Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan), sesuai penyampaian  Kapolri Jendral (Pol) Listyo Sigit Prabowo, dalam uji kelayakan dan kepatutan Kapolri di depan komisi III DPR RI.


Program berbasis inovasi ini, dimotori Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda NTB, dengan membangun 6 inovasi layanan berbasis terpadu dan online.


Diantarnya, adalah layanan pengaduan berbasis online dengan respon cepat, dan terukur.


"Jadi masyarakat bisa langsung mengakses layanan pengaduan di website. Ini untuk memangkas birokrasi, apalagi masyarakat yang tinggal sangat jauh dari markas. Pengaduan online ini akan ditindak lanjuti dengan cepat sama halnya dengan masyarakat yg datang langsung melapor," jelas Kabid Propam Polda NTB, Kombes Pol. Awan Hariono, S.IK, MH disela-sela launching website layanan pengaduan polisi nakal www.bidpropampoldantb.com, Rabu ( 3/2 ) 


Layanan berbasis online ini, selain memudahkan masyarakat melaporkan anggota polisi yang nakal, masyakarat juga dapat memantau perkembangan penanganan kasusnya dengan transparan dan akuntabel.


Selain itu, akses masuk kendaraan satu pintu, dengan basis elektronik atau electrik gate dan identifikasi data magnetic atau disebut Radio Frekwency Identification (RFID) akan diberlakukan.


"Setiap kendaraan anggota polri nantinya akan ditanam chip, untuk memudahkan identifikasi palang pintu yang mirip palang pintu tol, yang dibangun di gerbang masuk," imbuhnya.


Tujuannya untuk mendisiplinkan, dan menertibkan kendaraaan anggota polri Polda NTB, baik roda empat maupun roda dua.


Layanan penjagaan dan pusat layanan laporan Bid Propam serta lobi utama Mapolda NTB juga akan direnovasi dengan mengakomodir sosio cultural masyakarat suku Sasak, Samawa dan Mbojo (Sasambo), agar lebih mendekatkan masyakarat dengan polri.


Termasuk juga layanan perbankan dengan pembangunan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).


Sementara Kapolda NTB, Irjen Pol M. Iqbal dalam sambutan launching website Bid Propam ini menyampaikan terima kasih atas inovasi Bid Propam dalam memberikan layanan maksimal kepada masyarakat. 


Polri telah berbenah, dan menjadi polisi yang dekat dan dipercaya masyarakat sebagai pelindung dan pengayom.


"Propam sebagai garda terdepan penegakan keadilan kita juga memberikan akses kepada masyarakat lewat website yang baru saja dilauncing, sehingga masyarakat dapat menyampaikan kritikan, saran termasuk info-info yang bermuara kepada pemeliharaan keamanan," jelasnya.  


Kapolda berharap inovasi Bid Propam ini dapat ditiru oleh yang lain, sebagai wujud tanggungjawab dan pengabdian kepada masyarakat.


"Tidak hanya Propam yang lain juga dapat berinovasi, memberikan layanan maksimal kepada masyarakat, dengan tetap menjaga citra polisi," tutupnya. 


Ini dia inovasi yang menjadi program Bidpropam Polda NTB yang dilaunching ; 

1. Website bidpropam.

2. Renovasi ruang pelayanan pengaduan.

3. Pembangunan electric gate.

4. Renovasi penjagaan markas.

5. Renovasi ruang lobby polda. 

6. Pembangunan ATM Center.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia