Breaking News

Lindungi Kawasan Hutan Sumbawa, Babinsa Bersama Babinkamtibmas Dan KPH Patroli Gabungan


Sumbawa - Babinsa Desa Luk Koramil 01/Kota Kodim 1607/Sumbawa Sertu Rengga bersama Babinkamtibmas Polsek Kota dan anggota Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) melaksanakan patroli di kawasan hutan Dusun Luk A Desa Luk kecamatan Rhee, kabupaten Sumbawa, Kamis (19/11/2020).


Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah, menghilangkan, mengurangi, menutup niat dan kesempatan seseorang atau kelompok untuk melakukan tindak pidana kehutanan seperti penebangan liar, pembakaran hutan maupun lahan di kawasan hutan setempat.


"Saat patroli, kami masih menemukan kawasan hutan yang ditebang dan dibakar oleh oknum masyarakat yang membuka lahan untuk menanam jagung," ungkap Rengga.


Di tempat berbeda, Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos. M.Tr (Han) di sela-sela kesibukannya mengatakan, selaku aparat TNI-Polri harus selalu aktif bersinergi dengan pihak terkait dalam menjaga kondusifitas wilayah termasuk menjaga keamanan di kawasan hutan.


"Patroli sinergitas ini untuk mencegah dan membatasi ruang gerak pelaku pengrusakan kawasan hutan," ujarnya.


Menurutnya, patroli gabungan ini juga merupakan sebuah peringatan kepada masyarakat bahwa petugas senantiasa selalu berusaha melindungi dan mengamankan hutan dari gangguan keamanan hutan, sehingga para pelaku atau oknum diharapkan akan mengurungkan niatnya untuk melakukan pencurian kayu dan tindak pidana kehutanan lainnya.


Lebih lanjut Rudi Kurniawan menambahkan, Karhutlah juga masih menjadi masalah bagi semua kalangan mengingat dampaknya yang sangat merugikan banyak pihak dan menimbulkan berbagai penyakit termasuk salah satunya Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa).


“Untuk itu kami menghimbau agar masyarakat untuk ikut peduli, bahwa hutan harus kita jaga dengan tidak membakar lahan dan hutan sembarangan serta tidak melakukan penebangan liar,” ajaknya.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia