Breaking News

Simulasi Pengamanan Dalmas, Personel Polres Sumbawa Barat Latihan Amankan Unjuk Rasa


Sumbawa Barat
- Untuk melatih personel bersiap dalam mengamankan unjuk rasa, Polres Sumbawa Barat menggelar Simulasi Pleton Kerangka Dalmas di Mapolres setempat, Sabtu (10/10).


Dalam simulasi yang diikuti sejumlah personel Polres Sumbawa Barat tersebut, Kasat Sabhara, AKP Arman Wijaya memberikan beberapa tehnik yang akan dilaksanakan oleh personel di lapangan.  


"Kami melatih personel seolah-olah unjuk rasa benar-benar terjadi, sehingga personel paham dan langsung mempraktekkannya," kata AKP Arman.


Sejumlah tehnik diberikan, dari cara negosiasi dengan massa agar tidak melaksanakan unjuk rasa secara melawan hukum serta memberikan tugas kepada Humas dalam meliput semua kegiatan yang dilaksanakan.


"Bag Ops tugasnya memberikan perintah kepada Dalmas awal dalam penempatan personel pada saat unjuk rasa berlangsung," katanya. 


Ia juga mengungkapkan, akan menempatkan personel-personel sebagai pemantau oknum-oknum yang melakukan tindak pidana pengerusakan infrastruktur pemerintah.


Anggota juga dilatih meningkatkan stamina dan belajar ilmu bela diri agar fisik anggota saat bertugas fit dan mahir membela diri saat situasi sulit sekalipun. 


Namun, kata Arman, jika terjadi benturan antara masyarakat dengan Polisi saat berlangsungnya unjuk rasa maka komando tertinggi adalah Kapolres sebagai pengendali di lapangan.


"Kegiatan ini dilakukan untuk kesiapan kita pada saat unjuk rasa, agar para personel mengetahui tugas masing-masing dengan mengacu Perkap Nomor 6 tahun 2016 tentang fungsi tehknis Dalmas," jelasnya. 


Simulasi berjalan aman, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan oleh Polres Sumbawa Barat pada Senin (12/10).

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia