Popular Posts

HEADLINE NEWS

Kampung Sehat, Asri, Alami, Kampung Tojang Deye Kecamatan Masbagik


Lombok Timur- Tojang Deye adalah sebuah kampung yang memang jarang di sebut sebut dan di kenal oleh kebanyakan kalangan pemerintahan, dan jarang mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah maupun Provinsi.


Kampung Tojang Deye yang berada di Desa Lendang Nangka, Kec. Masbagik adalah kampung yang dimana masyarakatnya masih kuat dengan berbagai kearifan lokal, seperti gotong royong membersihkan jalan, pembangunan mushalla/wakaf juga perbaikan perbaikan jalan lingkungan di sekitar kampung.


Fathurrahman, salah satu penggerak pemuda juga masyarakat di kampung tersebut memiliki semangat tinggi dan aktif mendorong semangat masyarakat sekitar baik yang tua sampai anak anak ikut bahu membahu bergotong royong menjaga dan melestarikan kearifan juga kebersihan kampung.


Kampung Tojang Deye berada jauh dari kota memiliki jumlah penduduk sekitar seratusan penduduk yang ada. Warga kampung tersebut selalu ramah dan terbuka bagi siapa saja yang mampir dan berkunjung akan disambut baik oleh masyarakat setempat.


"Meskipun jarang mendapat perhatian pemerintah tidak menjadi sebuah kelemahan untuk membangun kampung kami" tutur Fathur Ketua Pemuda Kampung Tojang Deye.


Selama demi keamanan, kenyamanan serta kebersihan lingkungan kami masyarakat disini tetap bersedia dan sigap jika sewaktu waktu bersama sama bergotong royong ,bahu membahu, baik dengan tenaga ,pikiran atau pun materi.


Kami berusaha mempertahankan keramahan kampung kami, kata salah seorang  orang Tua setempat.

Fathur berharap keadaan juga kegiatan kegiatan masyarakat seperti ini selalu terjaga dan bisa dilestarikan, dan dipertahankan demi membuktikan bahwa tidak ada hal yang sulit dan tidak jadi jika apapun kegitan dan pekerjaan di lakukan secara bersama sama, meskipun jalan masuk kekampung hanya jalan debu/tidak beraspal kami tetap menjaga, dan memelihara kebersihannya setiap minimal 2 minggu sekali.


Fathur bersama anak anak muda di sini tetap beroperasi melakukan pemantauan keliling disekitar kampung untuk memastikan kebersihan jalan, lingkungan dan tempat tempat umum lainnya.


Hal hal seperti ini memang sangatlah perlu mendapat perhatian pemerintah, baik desa, kabupaten maupun  provinsi, lingkungan yang bgtu indah, sejuk damai membuat kami seakan betah dan ingin bertahan ikut tinggal disana sewaktu berkunjung dan mewawancarai Fathur  tentang berbagai aktifitas, pemuda juga masyarakat ditempat tersebut patut dicontoh dan mendapat penghargaan kampung tersebut benar benar asri dan asli bisa dikatakan inilah kampung sehat sejatinya.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *