Breaking News

Kabid Humas Polda NTB Imbau 83 Catar Akpol 2020 Polda NTB Tak Tergiur Oknum Penipuan



Pada hari Sabtu tanggal 4 Juli 2020 Panitia Seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri Polda NTB mengumumkan dari 108 Orang calon Taruna Akpol (Akademi Kepolisian) yang bersaing ketat hanya 83 Orang Calon Taruna yang dinyatakan lulus pemeriksaan administrasi (rikmin) utk mengikuti pemeriksaan kesehatan (rikkes), yang akan dilakukan oleh dokter yang sdh ditunjuk khusus dan diambil sumpahnya oleh kapolda ntb utk melakukan pemeriksaan calon taruna akpol.

Penerimaan Taruna Akpol 2020 merujuk pada Keputusan Kapolri Nomor:KEP/2502/XXI/2019 tanggal 23 Desember 2019 tentang Program Pendidikan dan Latihan Polri Tahun Anggaran 2020 dengan pendaftaran secara online mulai dari tanggal 7 - 23 Maret 2020.

Kuota penerimaan Calon Taruna Taruni Akpol tahun 2020 sebanyak 250 orang seluruh Indonesia, terdiri dari 220 pria dan 30 wanita dengan persyaratan khusus yakni usia minimal 16 tahun harus memiliki tofl  500,  dan usia maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan serta tinggi badan pria minimal 165 cm dan wanita 163 cm, untuk  saat ini  Polda NTB mendapat alokasi kuota sebanyak 4 Orang.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, S.I.K., M.Si.  mengingatkan dan mengimbau kepada para Catar Akpol dan para orang tua/wali catar yang telah lulus rikmin dan rikkes, agar tidak mudah percaya kepada oknum yang menyatakan dapat membantu kelulusan, karena Polri telah menerapkan pola rekrutmen yang profesional, transparan, ketat dan akuntabel.

Polda NTB juga melibatkan pihak internal dan eksternal, untuk ikut mengawasi proses rekrutmen agar benar-benar profesional dan transparan serta bagi para Catar Akpol yang telah dinyatakan lulus rikmin dan rikkes saat ini,  agar belajar yang baik, persiapkan fisik dan juga mental yang baik, percayakan pada kemampuan diri sendiri.

Kepada orang tua/wali Catar, Kabidhumas secara khusus mengingatkan untuk tidak mudah percaya terhadap orang atau calo yang mengiming-imingi untuk bisa meluluskan anaknya sebagai calon taruna/ni Akpol karena masuk Polri tidak dipungut biaya alias gratis.

Untuk diketahui, para Catar Akpol 2020 yang telah dinyatakan lulus rikmin dan rikkes, selanjutnya akan mengikuti Ujian Psykologi akan dilaksanakan pada tanggal 9-10  Juli 2020 dan Ujian Jasmani yang akan dilaksanakan pada 13 -16 Juli 2020, kemudian pada 17 – 18 Juli akan dilaksanakan Ujian Akademik.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia