Breaking News

Cegah Corona, Mahasiswa Cordova Ajarkan Warga cara Buat Hand Sanitizer di TMMD 108 Sumbawa Barat



Sumbawa Barat – Dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 108 Kodim 1628 Sumbawa Barat, mahasiswa Universitas Cordova ikut serta dalam memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pencegahan penyebaran covid-19 kepada warga.

Salah satu kegiatan yang dilakukan para mahasiswa adalah mengajarkan warga membuat hand sanitizer dengan bahan alami ekstrak lidah buaya, Selasa (14/7). 

"Tujuannya, agar masyarakat paham cara membuat hand sanitizer sendiri sebagai upaya mencegah penularan virus berbahaya seperti Covid-19," ungkap Koordinator KKN Undova,  Tedy Agus Diansyah, saat ditemui di Kantor Desa Seminar Salit, Rabu (15/7).

Bahan dasar pembutan hand sanitizer ini sangat mudah didapatkan di pasaran. Selain alkohol, bahan lain yang diformulasi dalam pembuatan ini antara lain, gel lidah buaya dan minyak ekstraksi atau essential oil.

"Motivasi kami, supaya masyarakat bisa memproduksi sendiri. Karena bahannya itu sebenarnya sangat mudah untuk ditemukan," katanya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa yang memberikan sosialisasi, Irma Suryani, mengatakan, hand sanitizer yang dibuat mandiri, berfungsi sama seperti produk cairan cuci tangan lain pada umumnya. Karena menggunakan alkohol dengan kadar 70 persen. 

"Cairan ini berfungsi sebagai antiseptik seperti hand sanitizer pada umumnya," kata Irma.

Aloe vera atau gel lidah buaya sebagai pelembut kulit agar tidak terjadi iritasi dan ditambahkan dengan essential oil sebagai pewanginya.

Dengan bahan yang mudah didapatkan, masyarakat bisa membuat sendiri cairan pencuci tangan di rumah untuk digunakan sehari-hari.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir atau cemas jika stok produk hand sanitizer mulai langka di pasaran," ujarnya.

Mahasiswa lainnya, Putri Ayu Firmanjani, yang juga menyampaikan materi, mengatakan, sosialisasi pembuatan hand sanitizer secara mandiri, setidaknya bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa pencuci tangan cukup mudah dibuat sendiri.

Sehingga nantinya, warga Desa Seminar Salit dapat membuatnya untuk ditempatkan di rumah masing-masing, khususnya di tempat-tempat yang dapat diakses dengan mudah.

"Ini juga sebagai cara untuk mengingatkan agar setelah beraktivitas penting untuk menjaga kesehatan dengan mencuci tangan agar terhindar dari virus Corona," ucapnya.

Sosialisasi ini mengundang antusias warga yang ingin tau cara pembuatan hand sanitizer dengan bahan ekstrak lidah buaya.

Selain itu, dalam program TMMD ke 108 Sumbawa Barat ini, mahasiswa Cordova juga telah melakukan bimbingan belajar bahasa Arab, dan membantu setiap kegiatan TNI dalam membangun sasaran fisik.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia