Popular Posts

HEADLINE NEWS

OPD Pemprov NTB Kompak dan Proaktif Distribusikan JPS Gemilang Tahap II



Mataram- Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Provinsi NTB menunjukkan kekompokkan dan proaktif mendistribusikan Paket Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang Tahap II. Sejak diluncurkan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah di Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat, Sabtu 30 Mei lalu, paket bantuan ini telah didistribusikan ke sejumlah kabupaten/kota di NTB, berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB Najamuddin Amy, S.Sos., MM menjelaskan seluruh kepala OPD selalu mengawal pendistribusian bantuan tersebut hingga betul-betul sampai ke masyarakat. Apalagi katanya, Gubernur telah menegaskan agar JPS Gemilang Tahap II ini bisa lebih baik. Tidak hanya Kepala OPD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga secara aktif mengawal penyaluran JPS ini.

"Kekurangan yang terjadi di JPS Tahap I menjadi pelajaran. Kerjasama semua OPD ini merupakan bagian untuk meminimalisir kekurangan sebelumnya," jelas Karo Humas yang akrab disapa Bang Najam itu Jum'at (5/06/2020)

Ia mengatakan bahwa Kepala OPD yang bertugas mendistribusikan JPS Gemilang di Pulau Sumbawa sebelumnya telah menjalani rapid test dan dinyatakan non reaktif, sehingga mereka bisa melaksanakan tugas dengan baik, sehat dan nyaman.

Sebagai laporan lanjutnya, untuk Kota Mataram distribusi bantuan tersebut sudah dimulai sejak 4 Juni 2020 kemarin dan akan berlangsung hingga 10 Juni mendatang. Sementara Kabupaten Lombok Barat, sudah didistribusikan sejak peluncuran 30 Mei 2020 yang lalu dan akan selesai 09 Juni mendatang.

Untuk Kabupaten Lombok Tengah, Pemerintah Provinsi telah menjadwalkan pembagian JPS itu mulai taggal 4 hingga 12 Juni 2020. Sedangkan Kabupaten Lombok Timur dijawdwalkan mulai 4 sampai 16 Juni mendatang. Sementara di Kabupaten Lombok Utara pendistribusian paket bantuan ini dimulai tanggal 8 hingga 12 Juni. 

Untuk Kabupaten Sumbawa Barat pembagian paket ini dimulai 5 Juni hingga 10 Juni 2020 mendatang. Kabupaten Sumbawa dimulai tanggal 5 sampai 12 Juni, Kabupaten Dompu dimulai tanggal 8 sampai 15 Juni mendatang. Sementara untuk Kabupaten Bima dimulai tanggal 8 Juni hingga 18 Juni 2020. Terakhir, Kota Bima dimulai pada tanggal 8 hingga 12 Juni 2020.

Sementara jumlah Kepala Keluarga yang menerima bantuan tersebut di masing-masing kabupaten/kota yaitu, KSB sebanyak 2.535 KK, Kabupaten Dompu 7.840 KK, Kabupaten Bima 14.528 KK, Kota Bima 1.939 KK dan Kabupaten Sumbawa 6.681 KK. 

Sedangkan Kabupaten Lombok Timur sebanyak 42.788 KK, Kabupaten Lombok Tengah 15.997, Kabupaten Lombok Barat 10.918, Kabupaten Lombok Utara 4.079 KK dan Kota Mataram sebanyak 2.695 KK.

Untuk suksesnya pendistribusian paket bantuan tersebut OPD lingkup pemerintah provinsi telah bekerjasama dengan kepala OPD tingkat kabupaten/kota se-NTB. Sebab, yang lebih tahu dan paham kondisi di lapangan adalah OPD di tingkat kabupaten/kota.

Adapun OPD lingkup Pemprov NTB yang melakukan pendampingan di Pulau Sumbawa yaitu untuk di KSB didampingi oleh Bappeda dan Dinas ESDM, di Kabupaten Sumbawa didampingi oleh Dinas Perdagangan, Dinas PUPR, dan Dinas Perindustrian. Sementara di Kabupaten Dompu, Dinas LHK, Sekretaris DPRD NTB Serta Disperkim ditunjuk untuk melakukan pendampingan. Sedangkan di Kabupaten Bima, ditunjuk Dinas Penanaman Modal, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah serta Dinas Koperasi dan UKM. Dan di Kota Bima, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Biro APPLPBJP  NTB melakukan pendampingan.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *