Breaking News

NANANG SIGIT PH PIMPIN UPACARA HUT BASARNAS KE-48

Upacara peringatan hari ulang tahun Basarnas yang ke 48
Mataram-Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kakansar) Mataram,  Nanang Sigit PH. memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas yang ke-48, Jumat (28/2/2020). Bertempat di lapangan kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, upacara ini diikuti oleh TNI, Polri, KSOP, PMI dan instansi terkait lainnya.

Dalam amanat kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan,  Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito yang dibacakan Nanang Sigit PH menyampaikan, hari ini adalah hari yang istimewa bagi keluarga besar Badan Nasional Pencarian dan Pertoiongan (Basarnas) yang lahir pada tanggal 28 Februari tahun 1972.

Menurut Kakansar Mataram, berbagai dinamika dalam perkembangannya eksistensi Basarnas salama ini masih menjadi tumpuan dan harapan bagi masyarakat dalam penyelenggaraan operasi SAR, "kita bekerja sesuai koridor seperti tertuang dalam amanat undang-undang nomor 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan," kata Nanang mengutip amanat kepala Basarnas.

Menurutnya, tugas utama Basarnas adalah menyelenggarakan operasi pencarian, penyelamatan, pertolongan, dan evakuasi pada kecelakaan penerbangan, pelayaran, kebencanaan pada tahap gawat darurat serta kondisi membahayakan manusia yang terjadi di seluruh wilayah Negara kesatuan republik indonesia (NKRI).

"Dimana sebagai tugas besar, penuh tantangan, dan membutuhkan keseriusan kita semua yang pasti, kita tidak bekerja sendiri kita didukung penuh oleh potensi~potensi SAR yang ada, baik di tingkat pusat maupun daerah. Sinergitas itu mutlak diperlukan mengingat kompleksitas dalam penyelenggaraan operasi SAR," ungkapnya.

Selama ini, kita telah memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat reputasi itu diperoleh dengan kerja keras, dedikasi, dan motivasi yang tinggi dalam melaksanakan setiap tugas.

"Tidak hanya profesional, sinergi, dan militan tetapi juga pendekatan-pendekatan yang humanis dan mengutamakan kearifan lokal saat menyelenggarakan operasi SAR," ujarnya.

Selama tahun 2019, Basarnas juga telah berhasil meraih berbagai prestasi di tingkat kelembagaan. "Semoga, prestasi-prestasi tersebut dapat menjadi acuan untuk semangat kita, sehingga kita semua lebih termotivasi dalam bekerja guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam pelaksanaan tugas yang mulia ini," harapnya.

Pada peringatan hari ulang tahun ke-48 ini, Basarnas juga memiliki dua armada kapal Negara (KN) baru, yaitu KN SAR 103 wisnu dan KN SAR 104 kamajaya, yang siap dioperasionalkan. Dua kapal masing-masing berukuran panjang 66 meter tersebut sebagai kapal pendukung penyelenggaraan operasi SAR sekaligus suplay logistik. kedua kapal tersebut dilengkapi dengan berbagai peralatan SAR modern, serta peralatan Iainnya. Semoga, keberadaan kapal-kapal ini akan meningkatkan kapasitas operasional kita sehingga penyelenggaraan operasi SAR khususnya di perairan dapat terlaksana Iebih efektif dan efisien. 

Sebagai lembaga pemerintah non Kementerian, Basarnas juga harus mensukseskan program-program pembangunan nasional yang telah dicanangkan pemerintah khususnya pada sektor pariwisata.

Pada kesempatan itu, kepala pusat Basarnas melalui Kakansar Mataram juga menyampaikan beberapa hal diantaranya, personil Basarnas harus senantiasa menjadi pribadi-pribadi yang selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan yang kedua profesionalisme dan soliditas dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Basarnas. 

"Selain itu bisa menjaga sinergitas dan membina potensi SAR melalui wadah forum koordinasi potensi pencarian dan pertolongan. Selalu menjadi kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap situasi dan kondisi di wilayah kerja masing-masing serta cepat memberikan respon pada saat terjadi kegawat daruratan, baik pada kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia," tutur Kakansar.

"Serta senantiasa menjaga budaya disiplin dan menjadi contoh performance di lingkungan kerja sebelum mengakhiri amanat ini. Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan pada peringatan hari ulang tahun basarnas yang ke-48 tahun 2020 ini," pungkasnya. 

Usai melaksanakan upacara, Kakansar Mataram memberikan pengarahan kepada personilnya. Dalam arahannya, Nanang Sigit PH kembali menegaskan untuk mengamalkan pesan-pesan yang disampaikan dalam sambutan/amanat kepala Basarnas. Pemotongan tumpeng menjadi acara penutup dalam kegiatan tersebut. 

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia