Breaking News

Menjadi Destinasi Wisata Dunia, KLU Persiapkan SDM

Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Utara menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Diving yang di selenggarakan di Warung Mimpi Manis Gili Meno Kecamatan Pemenang mulai tanggal 10 s.d 13 Oktober 2019. 

Lombok Utara - Acara ini dibuka langsung oleh kepala dinas pariwisata dan kebudayaan KLU Pidi Eka Kusuma dan didampingi oleh Kabid.PPSDM Abdul Goib Annas. Jumlah peserta sebanyak 40 orang yang merupakan para diving yang ada di Gili Meno, Gili Air. Narasumber berasal dari staf pariwisata RI, unsur TNI AL, Polair, Basarnas, serta instansi terkait.

Annas selaku ketua panitia dalam laporannya mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan pelatihan ini dalam rangka memberikan ketrampilan, skill, pengetahuan bagi para diver, sehingga para pemandu wisata diver yang ada di tiga gili  bisa menjadi diver yang profesional sesuai dengan menjadi harapan dan keinginan pemerintah, bisa melayani tamu dengan baik.

Lebih jauh annas mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini juga, para diver akan diberikan sertifikat sehingga mereka tidak lagi menjadi diver yang ilegal. Diharapkan pariwisata di Lombok Utara akan menjadi lebih baik dan lebih bagus dengan adanya diver yang telah dilatih. 

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dalam rangka Lombok Utara menjadi Destinasi Dunia perlu disiapkan SDM.
" Dalam rangka Lombok Utara menjadi destinasi wisata dunia, perlu menyiapkan para pelaku wisata khususnya para pemandu wisata diving yang profesional, berlisensi dan bersertifikat di kabupaten Lombok Utara " Ungkap 

Para peserta akan diberikan materi, pengetahuan serta praktek yang langsung dipandu oleh narasumber sekaligus instruktur. Selain itu juga para peserta diberikan pengetahuan tentang pengamanan laut, penyelamatan serta bidang kesehatan. Praktek lebih banyak diberitakan kepada para peserta tentang diving sedangkan materi lebih sedikit.

Setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, para diver bisa membentuk sebuah komunitas, persatuan untuk para diver sebagai wadah mereka. Karena pemerintah daerah Lombok Utara menginginkan semua profesi harus memiliki organisasi persatuan, komunitas profesi. (LNG06) 

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia