Breaking News

Musim Panen Kedelai, IRT Panen Rizkià

Dusun Repok Nyerot Kec Jonggat Kabupaten Lombok Tengah disaat musim panen kedelai saat sekarang ini dibulan September 2019. Kesibukan Ibu Rumah 
Tangga ( IRT ) di dusun ini pada Minggu,08 September 2019 disibukan dengan panen kedelai. Berbeda jauh dengan panen ditempat lain.

Lombok Tengah - Para ibu ibu di dusun Repok Nyerot mereka berkumpul memetik daun kedelai untuk dibersihkan dan kemudian di ikat. Satu ikat Kedelai dijual seribu rupiah.Beberapa tahun terkahir ini, masyarakat dusun Repok Nyerot menjual kedelai yang masih hijau dan diusahakan jangan sampai menguning. Mereka membuat kelompok - kelompok dan satu kelompok biasanya terdiri dari 10 sampai 12 orang. Dalam satu hari para ibu ibu memperoleh upah Rp.50.000 / hari dan juga mereka mendapat makan sekali.

Hasil panen kedelai dijual dalam keadaan masih muda lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan dipanen pada saat menguning. Biasanya kedelai yang dipanen masih hijau dijual untuk menjadi sayur dan dipasarkan ke pasar bahkan sampai ke wilayah lombok timur, Lombok barat,Mataram bahkan ke KLU.

Maini, salah satu warga yang menekuni usaha ini bercerita kepada media ketika diwawancarai di rumahnya, keuntungan dijual masih muda jauh lebih banyak.
" Kalau saya panen pada menguning, saya hanya memperoleh Rp.200.000 tapi seperti saat ini panen kedelai sedang hijau dan lagi enaknya dibikin sayur saya dapat hasil Rp.800.000 dalam 3 are " ungkap maini

Di dusun Nyerot sendiri ada sekitar 4 orang yang menekuni usaha ini karena selain keuntungan sangat sangat dan juga pengerjaan sangat mudah dan murah. 
LNG01

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia