Breaking News

DIDUGA ALAMI KEBOCORAN KM DHARMA RUCITRA MIRING KE KANAN


PADANG BAI --- KM Dharma Rucitra III diduga mengalami kebocor pada bagian lambung hingga mengakibatkan kapal dalam posisi miring ketika tiba di Pelabuhan Padangbai, pukul 21.50 Wita. Kapal dengan bobot 1.444 gross ton itu berangkat dari Pelabuhan Lembar, Lombok pada hari Jumat (12/6/2020) sekitar pukul 17.30 Wita. Berdasarkan laporan kronologis yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menyebutkan bahwa dugaan sementara kapal naas tersebut  bocor kurang lebih pada pukul 21.20 Wita.

Saat melakukan manuver untuk sandar kapal tersebut mengalami kemiringan, kemudian air laut mulai masuk ke lambung kapal dan ketika hampir berhasil sandar kapal mengalami kegagalan mesin, sehingga lambung kapal menyentuh dasar dermaga dan miring ke sebelah kanan.

Gede Darmada, S.E., M.AP. selaku Kepala Kantor Basarnas Bali mengatakan bahwa KM Dharma Rucitra III mengangkut 66 orang, yang terdiri dari 43 orang penumpang, 5 orang pedagang di kapal  dan 18 ABK. "Seluruh POB terevakuasi dalam keadaan selamat dan langsung melakukan pengecekan kesehatan oleh pihak KP3 Pelabuhan Padangbai," jelas Darmada. Pelapor atas nama Darma, Polair Padang Bali juga menyebutkan ada beberapa kendaraan yang terjebak di dalam kapal diantaranya 10 unit truk besar, 3 unit truk sedang, 3 unit kendaraan kecil, 8 unit tronton dan 5 unit roda dua. 

Gede Darmada bersama Kepala Seksi operasi Basarnas Bali mendatangi langsung tempat kejadian dan memastikan seluruh POB telah terevakuasi dan melihat kondisi kapal yang saat itu sudah 50% tenggelam. "Penyebab kapal alami kejadian tersebut masih dalam proses penyelidikan pihak yang berwenang," tutup Darmada.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia