Breaking News

Tahun 2020, Fasilitas Pelabuhan Awang akan Dilengkapi

Penyambutan Menteri Kelautan dan Perikanan di Teluk Awang Lombok Tengah

Lombok Tengah - Pada tahun 2020 mendatang, sejumlah fasilitas yang dibutuhkan di Pelabuhan Awang, Kabupaten Lombok Tengah, akan dilengkapi. Apalagi, pelabuhan tersebut letaknya tidak terlalu jauh dengan pusat wisata dunia, KEK Mandalika.
Hal itu disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo saat berdialog dengan para nelayan, di pelabuhan setempat, Kamis (26/12/2019). Didampingi Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, Sejumlah Dirjen, Anggota DPR RI dan Wakil Bupati Lombok Tengah, Menteri mengatakan fasilitas tersebut dimaksudkan untuk mendukung seluruh aktivitas nelayan di Kabupaten Lombok Tengah.
"Tentang lahan yang ada di sekitar sini, ada sekitar 19 hektar, masih kurang cold storage, begitu saya masuk, ini yang kurang, bangunannya juga sudah berantakan. Daerah ini akan menjadi destinasi wisata andalan Indonesia, Mandalika. Kan tidak lucu, kalau Mandalikanya bagus, di sini tidak bagus," ungkapnya disambut tepuk tangan meriah para nelayan yang hadir.
Karena itu, Manteri Kelahiran 24 Desember itu memerintahkan Dirjen Perikanan Tangkap untuk merealisasikan apa yang dibutuhkan masyarakat, mulai Januari 2020. Cold storage juga akan dilengkapi dengan menghadirkan industri yang dibutuhkan para nelayan. Hanya saja lanjutnya, dibutuhkan kerjasama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Sehingga, apa yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik dan sukses.
Selain itu, Menteri KP juga akan segera merilis izin kapal yang akan beroperasi di pelabuhan ikan Awang tersebut.
"Izin kapal, kita usahakan paling lambat satu jam selesai," katanya.
Untuk kapal di bawah 30 GT lanjutnya, izinnya dikeluarkan di pemerintah provinsi dan k toabupaten. Sementara di atas 30 GT dikeluarkan oleh pusat.
"Kalau ada kapal di bawah 30 GT, tiba tiba harus melaut, melalui laut di luar provinsi, bisa langsung mengusulkan izinnya ke pusat. Mudah izinnya sekarang," jelasnya.
Edhy Prabowo berpesan jika semua rencana itu telah direalisasikan, Ia meminta masyarakat untuk menjaga lingkungan. Hal ini menurutnya dami keberlangsungan habitat ikan, lobster serta potensi laut lainnya.(LNG04)

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia